TikTok Shop akhirnya beroperasi kembali pada tanggal 12 Desember 2023 usai sempat ditutup pada Oktober 2023 lalu. TikTok, yang berada di bawah naungan Bytedance asal China, berinvestasi sebesar lebih dari Rp23,4 triliun dalam jangka panjang di platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia. Berdasarkan kesepakatan terbaru ini, TikTok akan menguasai lebih dari 75% saham Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia ini akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

sumber :rakcer.id

“Ke depannya, kami bekerja sama dengan Tokopedia untuk secara aktif mendukung pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM Indonesia,” tulis TikTok dalam keterangannya yang diumumkan melalui email, Senin (11/12/2023).

“Campaign bersama kami yang pertama, Beli Lokal, akan diluncurkan pada Selasa, 12 Desember 2023 bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” jelasnya.

GoTo dan TikTok juga mengatakan bahwa mereka akan mempromosikan barang-barang lokal Indonesia di platform mereka dan membantu usaha kecil dan menengah mengembangkan strategi produksi dan penjualan mereka. Hal ini disambut baik oleh pedagang dan afiliator [pembuat konten yang biasanya mempromosikan produk melalui konten/siaran langsung]. Mereka mengaku “merasa sangat senang” karena bisa kembali menghasilkan uang dari TikTok. TikTok mengumumkan bahwa para penjual bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center sejak Senin.

TikTok memiliki sekitar 125 juta pengguna di Indonesia dan Indonesia juga merupakan pasar ritel online terbesar bagi TikTok.

TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo akan berkomitmen memberikan manfaat lebih banyak kepada para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce ini. Mereka juga akan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Atas penggabungan kedua bisnis ini, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *